Rabu, 05 Oktober 2016

Inilah Bagian Bagian Sistem Pemindah Tenaga Pada Mobil

SISTEM PEMINDAH TENAGA 

Bagian-bagian dari system pemindah tenaga : 

Kopling

Kopling letaknya di antara roda gila.Tugas kopling ialah untuk memutus dan menghubungkan putaran dari poros engkol ketranmisi dengan halus dan tanpa slip.
Ada beberapa macam jenis kopling :

  • Kopling Gesek





  • Kopling sentrifugal




  • Kopling fluida 



  • Kopling magnet


Transmisi memiliki fungsiya itu untuk menyesuaikan momen yang di butuhkan dengan keadaan jalan atau putaran motor. Di samping itu fungsi lain dari transmisi ialah untuk mengubah arah putaran poros propeller sehingga mobil dapat berjalan mundur kebelakang.

Jenis - jenis Transmisi Pada Mobil :

  1. Selective gear transmision. Dari jenis transmisi ini masih di bedakan lagi menjadi 3 macam jenis, yaitu: model sliding mesh, model contant mesh, model syncromesh
  2. Planetary gear transmision
  3. Transmisi otomatis
  4. Diferensial

Diferensial 

Prinsip dari diferensial yaitu apabila sebuah mobil berbelok di sebuah jalan, roda yang di sebelah luar putarannya harus lebih cepat dan jarak yang ditempuh harus lebih panjang dibandingkan dengan roda sebelah dalam.

Kontruksi dari sebuah diferensial di buat sedemikian rupa agar kedua roda yang ada di belakang berputar dengan cepat yang berbeda – beda (saat slip danbelok)
    

Fungsi diferensial :

  1. Membedakan putaran antara roda kiri dan kanan terutama pada saat berbelok atau pada saat jalan yang tidak rata.
  2. Mengurangi putaran poros propeller sebanyak yang di perlukan oleh poros roda. pengurangan di peroleh dar igigi ring yang jumlah giginya lebih banyak dari jumlah gigi pemutar. Pengurangan putaran bertujuan untuk memperbesar momen putar.
  3. Dengan perkaitan gigi pemutar dan gigi ring akan mengubah arah tenaga putar poros propeller keporos roda menjadi 90 derajat
Demikian artikel tentang Sistem Pemindah Tenaga Pada Mobil semoga bermanfaat! 

0 komentar

Posting Komentar