Rabu, 05 Oktober 2016

Sistem Pemindah Tenaga Pada Mobil

SISTEM PEMINDAH TENAGA PADA KENDARAAN RODA EMPAT (MOBIL)

Bagian-bagian dari system pemindah tenaga.

1.Kopling
Kopling letaknya di antara roda gila.Tugas kopling ialah untuk memutus dan menghubungkan putaran dari poros engkol ketranmisi dengan halus dan tanpa slip.
Ada beberapa macam jenis kopling :
a. Kopling gesek



b. Kopling sentrifugal



c. Kopling fluida 


d. Kopling magnet


2.Transmisi

Transmisi memiliki fungsiya itu untuk menyesuaikan momen yang di butuhkan dengan keadaan jalan atau putaran motor. Di samping itu fungsi lain dari transmisi ialah untuk mengubah arah putaran poros propeller sehingga mobil dapat berjalan mundur kebelakang.

Pada mobil, transmisi yang digunakan ada beberapa macam jenisnya :

1. Selective gear transmision.
Dari jenis transmisi ini masih di bedakan lagi menjadi 3 macam jenis, yaitu: model sliding mesh, model contant mesh, model syncromesh
2. Planetary gear transmision
3. Transmisi otomatis.
4. Diferensial

Prinsip dari diferensial yaitu apabila sebuah mobil berbelok di sebuah jalan, roda yang di sebelah luar putarannya harus lebih cepat dan jarak yang ditempuh harus lebih panjang dibandingkan dengan roda sebelah dalam.

Kontruksi dari sebuah diferensial di buat sedemikian rupa agar kedua roda yang ada di belakang berputar dengan cepat yang berbeda – beda (saat slip danbelok)
    

Jadi fungsi diferensial adalah :

1.   Membedakan putaran antara roda kiri dan kanan terutama pada saat berbelok atau pada saat jalan yang tidak rata.
2. Mengurangi putaran poros propeller sebanyak yang di perlukan oleh poros roda. pengurangan di peroleh dar igigi ring yang jumlah giginya lebih banyak dari jumlah gigi pemutar. Pengurangan putaran bertujuan untuk memperbesar momen putar.

3. Dengan perkaitan gigi pemutar dan gigi ring akan mengubah arah tenaga putar poros propeller keporos roda menjadi 90 derajad.
Demikian artikel tentang Sistem Pemindah Tenaga Pada Mobil semoga bermanfaat! 

0 komentar

Posting Komentar