SISTEM PEMINDAH TENAGA
Bagian-bagian dari system pemindah tenaga :
Kopling
Kopling letaknya di antara roda gila.Tugas kopling ialah untuk memutus dan menghubungkan putaran dari
poros engkol ketranmisi dengan halus dan tanpa slip.
Ada beberapa macam jenis kopling :
- Kopling sentrifugal
- Kopling magnet
Transmisi memiliki fungsiya itu untuk menyesuaikan momen
yang di butuhkan dengan keadaan jalan atau putaran motor. Di samping itu fungsi
lain dari transmisi ialah untuk mengubah arah putaran poros propeller sehingga mobil
dapat berjalan mundur kebelakang.
Jenis - jenis Transmisi Pada Mobil :
- Selective gear transmision. Dari jenis transmisi ini masih di bedakan lagi menjadi 3 macam jenis, yaitu: model sliding mesh, model contant mesh, model syncromesh
- Planetary gear transmision
- Transmisi otomatis
- Diferensial
Diferensial
Prinsip dari diferensial yaitu apabila sebuah mobil berbelok
di sebuah jalan, roda yang di sebelah luar putarannya harus lebih cepat dan jarak
yang ditempuh harus lebih panjang dibandingkan dengan roda sebelah dalam.
Kontruksi dari sebuah diferensial di buat sedemikian rupa
agar kedua roda yang ada di belakang berputar dengan cepat yang berbeda – beda
(saat slip danbelok)
Fungsi diferensial :
- Membedakan putaran antara roda kiri dan kanan terutama pada saat berbelok atau pada saat jalan yang tidak rata.
- Mengurangi putaran poros propeller sebanyak yang di perlukan oleh poros roda. pengurangan di peroleh dar igigi ring yang jumlah giginya lebih banyak dari jumlah gigi pemutar. Pengurangan putaran bertujuan untuk memperbesar momen putar.
- Dengan perkaitan gigi pemutar dan gigi ring akan mengubah arah tenaga putar poros propeller keporos roda menjadi 90 derajat
Demikian artikel tentang Sistem Pemindah Tenaga Pada Mobil semoga bermanfaat!
0 komentar
Posting Komentar