Senin, 17 Oktober 2016

Tips Cara Merawat Transmisi Manual Mobil

CARA MERAWAT TRANSMISI MOBIL

Transmisi Manual sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia, terkhusus bagi mereka yang menyukai sport dan tantangan. Harga yang lebih murah dibanding transmisi metic dan perawatannya yang cukup mudah serta transmisi manual memiliki tarikan yang lebih responsive dan kuat.
Transmisi mobil merupakan salah satu komponen yang penting yang ada pada kendaraan mobil, tetapi banyak sekali pemilik mobil yang mengabaikan komponen ini. Mungkin karena malas atau tidak mengerti cara merawatnya.  Pada dasarnya cara merawatnya terletak pada penggantian oli transmisi secara teratur atau berkala.
Mobil yang transmisinya menggunakan transmisi manual oli yang digunakan adalah oli khusus transmisi yang cara menggantinya apabila jarak tempuhnya sudah mencapai 10.000 km. Sedangkan mobil yang menggunakan transmisi metic pengganitanyya apa bila jarak tempuhnya sudah mencapai 20.000 km.

Cara Merawat Transmisi Manual Mobil
Berikut ini adalah Cara Merawat Transmisi Manual Mobil supaya transmisinya lebih halus dan awet :
1. Oli Transmisi
Oli transmisi dapat mengalami kebocoran dan membuat transmisi menjadi lebih cepat kering apa bila perawatan transmisi kurang. Kebocoran biasanya berasal dari baut tempat pembuangan oli yang sudah mengalami kerusakan atau tidak rapat. Sebaiknya gunakan tipe oli yang kualitasnya baik dengan jenis oli fully syntetis yang ukuran kekentalanya 75-90 W agar mempercepat dan memperhalus pengoperasian pada mobil manual.
2. Setel kopling
Setel kopling agar mempercepat dan memperhalus perubahan gigi pada mobil transmisi manual, jika jarak pedal kopling yang terlalu tinggi bisa merenggangkan jarak pada kopling juga pada transmisi manual pada mobil. Karena ini dapat menyebabkan perpindahan gigi yang kasar serta berat saat perpindahannya.
3. Suku cadang asli
Gunakan produk resmi dan asli gar kopling mobil berusia panjang, apabila suku cadang yang digunakan tidak asli dapat mengakibatkan perpindahan transmisi manual menjadi kurang halus dan suaranya menjadi kasar.
4. Ganti oli transmisi
Gantilah oli secara berkala pada kilometer 15.000 atau 8.000, agar dapat mengurangi friksi disekitar mobil dan dapat memperpanjang umur transmisi mobil manual.
5. Memakai kopling
Jauhkan letak kaki pada kopling untuk mengurangi keausan, pada waktu gigi telah masuk serta saat kendaraan telah melaju. Karena kebiasaan kaki menyentuh pedal kopling dapat mengakibatkan efek meningkatnya friksi antara kopling serta transmisi dan mempercepat usia pemakaian komponen pada mobil.

Baca juga : Cara Merawat Performa Mesin

Demikianlah beberapa Cara Merawat Transmisi Manual Mobil Jika telah melakukan 5 hal tadi maka mobil manual tidak akan mengalami masalah.

0 komentar

Posting Komentar