Selasa, 04 Oktober 2016

Inilah Bagian Bagian Utama Mesin atau Engine

Bagian Bagian Mesin

1. Cylinder dan Block Cylinder

Cylinder adalah bagian dari sebuah mesin atau engine yang mengubah energy panas menjadi energy mekanik. Cylinder terdapat pada block cylinder yang merupakan sebuah rangka utama dari mesin. Block Cylinder terbuat dari besi tuang dengan paduan aluminium. Dengan seiring perkembangan tekhnologi sekarang ini, blok cylinder juga banyak yang terbuat dari aluminium alloy.

Di dalam sebuah Block Cylinder terdapat susunan silinder yang fungsinya untuk tempat naik turun piston. Pada bagian atas dari sebuah Block Cylinder biasanya ditutup dengan Cylinder Head atau Kepala Silinder. Pada Block Cylinder selain terpasang silinder juga terdapat water jacket atau jaket air yang fungsinya sebagai tempat jalur pendingin air, juga terdapat Jalur oli.





Baca Juga : 

2. Cylinder head / Kepala Cylinder

Kepala silinder / Cylinder Head terdapat di atas blok silinder. Yang fungsinya untuk menutup blok silinder sehingga terdapat ruang bakar yang dapat menahan kompresi yang tinggi dan menahan ledakan akibat pembakaran. Bahan untuk pembuatan silinder beraneka macam, ada yang terbuat dari besi tuang dan ada juga yang terbuat dari almunium alloy. Pada silinder head terdapat berbagai komponen, misalnya seperti mechanism ekatup, tempat busi, water jacket dan jaluroli.








3. Gasket Cylinder Head

Gasket Cylinder head terletak diantara kepala silinder dan blok silinder yang fungsinya sebagai perapat agar tidak terjadi kebocoran kompresi, kebocoran oli dan kebocoran air pendingin.

4. Piston dan Connecting Rod


Piston terletak didalam silinder dan bergerak naik turun. Piston inilah yang menerima gaya tekan akibat ledakan yang terjadi di ruang bakar dan diteruskan kebawah oleh conecting rod ( stang piston). Piston kebanyakan terbuat dari almunium alloy. Namun pada mesin-mesin yang berteknologi tinggi piston banyak yang menggunakan bahan yang lain.



5. Crank Sahft atau Poros Engkol


Crank shaft disebut juga dengan nama poros engkol ( ada juga yang menyebut dengan nama krukas ). Di sinilah gerakan naik turun piston diubah menjadi gerak putar.



6. KALTER/ OIL PAN/BAK OLI


Komponen ini terletak di bagian bawah mesin yang fungsinya sebagit empatoli. Oli yang ditampung di bagian ini selanjutnya di pompa oleh oil pump menuju kebagian bagian yang membutuhkan dan selanjutnya kembali lagi kekalter.






Demikian Bagian Bagian Utama Mesin atau Engine Semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar