Jumat, 20 Oktober 2017

7 Tips Cara Merawat Aki Mobil

Kondisi aki sangat berpengaruh pada mobil anda. Karena aki adalah salah satu benda yang sangat penting pada kendaraan. Jika di suatu kendaraan memiliki masalah pada aki, tentu saja akan membuat repot. Untuk itulah perlunya perawatan aki untuk menjaga aki agar tetap awet.
Aki adalah benda yang lumayan awet tetapi bukan berarti tidak perlu di ganti. Mengganti aki ketika sudah buruk itu penting, karena ketika memaksakan menggunakan aki yang sudah jelek, akan membuat resiko pada kendaraan dan menghambat waktu anda.

Cara Merawat Aki Pada Mobil

Cara merawat aki mobil tidaklah sulit. Hanya membutuhkan waktu untuk pengecekan seperti matikan perlengkapan entertain dan elektronik sebelum mematikan mesin. Nah, di bawah sini ada 7 TIPS CARA MERAWAT AKI MOBIL :

  • Mengecek Kadar Elektronik Aki 
Hal yang pertama ini sangat gampang dan sederhana. Anda bisa mengecek kadar elektrolik setiap satu bulan sekali. Tidak perlu mengeceknya setiap hari. Cara mengeceknyapun mudah. Cukup melihat garis pada aki anda. Jika posisinya berada di bawah garis, maka perlu ditambah. Menambahkan air aki pun cukup sampai di antara Upper dan Lower.
  • Mengecek Terminal Baterai
Cera Merawat yang kedua dengan mengecek terminal baterai. Cara mengeceknya sangat mudah. Tinggal melihat pada terminal baterai apakah ada jamur disana. Jika terdapat jamur atau kotoran yang lain tinggal membersihkannya dengan cara menyiramkan air panas ke terminal baterai.
  • Memanaskan Mobil Walau Tidak Digunakan
Yang ketiga adalah dengan selalu memanaskan mobil walau tidak dipakai. Kenapa? Karena baterai aki akan berkurang walaupun mesin mati. Mobil yang lama mati biasanya dikarenakan aki nya tekor. Walau tidak digunakan, tetap panaskan mobil minimal 15 menit satu kali dalam seminggu. Cara ini sangat membantu kondisi baterai agar tetap penuh dan baterai dapat digunakan.
  • Mengecek Sistem Pengsian Pada Aki
Cara yang keempat ini cukup melihat pada bagian dashboard. Di dekat speedometer ada indicator aki. Jika Indicator menyala pada saat mesin mati menandakan aki normal.
  • Merawat Aki Mobil Dengan Benar
Cara yang kelima biasanya masalanya adalah ketika proses pengisian. Untuk checking dapat dibawa ke bengkel. Jika aki masih bagus hanya diservice saja. Ketika merawat aki kita harus jeli dan selalu perhatikan sisi speedometer sebelum berangkat pergi.
  • Mematikan Semua Fasilitas Mobil Saat Mesin Mati
Cara yang keenam adalah dengan service mobil secara berkala. Saat pengecekan biasanya mekanik mengecek pada aki apakah ada kendala atau tidak. Sehingga akan membuat lebih aman dan nyaman ketika akan berpergian.

Demikianlah artikel tadi 7 Tips Cara Merawat Aki Mobil semoga dengan sedikit informasi tadi dapat memberikan manfaat untuk semua.

0 komentar

Posting Komentar