Kamis, 06 Oktober 2016

Cara Menggunakan Alat Ukur Dan Jenis Jenisnya


MACAM-MACAM ALAT UKUR

Kita pasti sudah tahu tentang alat ukur, mungkin sebagian dari kita pernah mengukur benda dengan sebuah alat ukur. Alat ukur adalah alat yang digunakan untuk mengukur suatu benda dengan teliti semisal mengukur panjang, mengukur berat dan mengukur waktu. Inilah beberapa alat ukur yang sering kita jumpai atau gunakan.

Alat Ukur Panjang

Alat-alat ukur panjang meliputi mistar, jangka sorong, dan micrometer skrup. Berikut masing-masing alat ukur tersebut & penjelasannya.

a. Mistar atau Penggaris

Mistar atau penggaris ialah alat ukur panjang yang fungsinya digunakan untuk mengukur benda atau barang yang berukuran sedang dan berukuran besar. Mistar ini dapat mengukur dengan ketelitian hingga 1 mm.

Mistar siku

b. JangkaSorong

Jangka sorong adalah sebuah alat yang fungsinya digunakan untuk mengukur diameter, dimensi dalam, dan dimensi luar suatu benda.

Bagian bagian jangka soron gada 2 bagian, yaitu rahang tetap yang berfungsi sebagai skala tetap yang tidak dapat digerakan letaknya, dan rahang sorong berfungsi sebagai skala nonius dans kala tersebut dapat digerakankekanan dan kekiri sesuai ukuran benda yang di ukur.

Jangka sorong
Jangka Sorong

c. Mikrometer Skrup


Mikrometer skrup adalah alat yang fungsinya digunakan untuk mengukur suatu benda yang tipis, panjang, dan dimensi luar benda yang kecil.

3 Bagian micrometer skrup yaitu :

1. Selubung utama yang berfungsi skala utama yang skala tersebut menunjuk berapa hasil pengukuran dan skala ini tetap atau tidak bias digeser letaknya,

2. Selubung luar yang berfungsi sebagai skala nonius yang dapat diputar agar selubung ulir dapat menyesuaikan dengan benda yang diukur,

3. Selubung ulir yang berfungsi sebagai bagian yang dapat digerakan dengan cara memutar mutar selubung luar sehingga dapat menyesuaikan dengan bentuk benda.Ketelitian dari micrometer Scrup ini dapat mengukur ketelitian sampai 0,01mm.

Micrometer
Baca Juga : 

2. Alat Ukur Massa

Alat ukur massa jenis neraca sangat bermacam – macam.Inilah jenis dan penjelasan dari masing masing neraca.
Neraca

Neraca atau timbangan adalah sebuah alat yang fungsinya digunakan untuk mengukur massa atau beban suatu benda. Neraca memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu :

1. Neraca pasar

yaitu neraca yang digunakan di pasar pasar tradisional. Cara menggunakannya yaitu letakkan benda yang akan ditimbang di bagian yang tempatnya seperti baskom, lalu disebelahnya yang bagian datar di letakkan bandul neraca yang hamper sama atau seimbang dengan berat benda tersebut, lalu hasil dari pengukurannya dapat dilihat karena lengan neracanya akan bergerak dan hasil dapat diketahui.
Neraca Pasar

2. Neraca dua lengan

yaitu neraca ini yang biasanya terdapat di laboratorium. Cara menggunakan neraca ini hamper sama dengan neraca pasar, bedanya bandul neraca yang ada di neracapasar, ini dapat digantikan dengan barang yang lain di neraca dua lengan ini.
Neraca Dua Lengan


3. Neraca Tiga Lengan

Adalah neraca yang biasanya juga terdapat dalam laboratorium.Cara menggunakan neraca tiga lengan ini adalan dengan cara menggeser ketiga penunjuk kesisi paling kiri (skalanya menjadi nol), kemudian letakkan benda yang akan diukur pada bagian kiri yang terdapat tempat untuk benda yang akan diukur, lalu geser ketiga penunjuk kekanan sampai adanya keseimbangan, dan hasil pengukuran dapat diketahui.
Neraca Tiga Lengan

4. Neraca Kamar Mandi

Neraca kamar mandi adalah neraca yang biasa untuk mengukur berat badan seseorang. Neraca ini biasa di temukan di klinik, rumah, rumahs akit, atau tempat lain yang memiliki neracaini. Cara menggunakanya mudah yaitu kita naik keatas neraca, dan jarum yang ada di neraca akan menunjukan hasil dari pengukuran berat badan kita.


Neraca Kamar Mandi

Itulah tadi Cara Menggunakan Dan Jenis Jenis Alat Ukur Semoga bermanfaat!


0 komentar

Posting Komentar